-->

Desa Kita

Desa Kita
.

Jumat, Agustus 30, 2019

Serangga Yang Hidup 2 Km Di Bawah Tanah

Serangga Penghuni Tanah Terdalam

Mds.L - Ternyata ada hewan yang dapat hidup di tempat sekitar dua kilometer di bawah permukaan tanah yaitu ditemukan di gua  Krubera -Voronja. Hewan iti merupakan keluarga arthropoda yang hidup dari memakan jamur dan bahan-bahan lain yang membusuk, dengan nama latin Plutomurus orotobalaganensis, para peneliti menemukannya di kedalaman 1980 meter  di bawah permukaan tanah. Selain dari hewan yang hidup dalam tanah tersebut, ditemukan juga tiga spesies baru hewan yang hidup  di dalam gua, yaitu Anurida stereoodorata, Deuteraphorura kruberaensis dan Schaefferia profundissima.

Keempat spesies tersebut telah diklasifikasikan sebagai springtails (Collembola), yaitu sejenis serangga primitif yang tidak memiliki sayap. Keempatnya hidup di lingkungan yang gelap total dan tidak mempunyai mata.

Baca juga : Asal-usul Tanaman Padi (Oriza sativa)

Yang menemukan Species baru hewan-hewan tersebut di atas itu adalah : Ana Sofia Reboleira dari Universitas Aveiro, Portugal, dan  Alberto Sendra dari Museum Sejarah Alam Valencia, Spanyol. Mereka melakukan ekspedisi 2010  dengan menjelajahi gua Krubera- dari yang dipimpin oleh tim CaveX Ibero-Rusia.

Penemuan spesies hidup jauh di bawah tanah dalam kegelapan total memberikan wawasan baru ke dalam kondisi ekstrim di mana hewan dapat bertahan hidup. Demikian diwartakan New Scientist, Kamis (23/2/2012).

Sebelum penemuan spesies hewan yang baru ini, penemuan sebelomnya adalah, hewan springtails ditemukan hanya setengah kilometer di bawah tanah, dan pada tahun 1986 yang lalu, ditemukan juga hewan  Ongulonychiurus colpus yang hidup sedalam 550 meter di bagian bawah disebuah sebuah gua di Spanyol, dan tahun 2011 Veles Tritomurus ditemukan di kedalaman 430 meter di gua-gua di Kroasia.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner