-->

Desa Kita

Desa Kita
.

Jumat, Agustus 30, 2019

Asal-usul Tanaman Padi (Oryza sativa)


Padi (Oriza sativa)
Mbs.L - Asal usul tanaman padi (Oryza sativa) adalah dari Asia. Tepatnya di daerah utara Benggala, India. Namun ada yang mengatakan bahwa padi berasal dari Negara Cina dan pertama sekali dibudidayakan pada masa kekuasaan kekaisaran Shen Nung.

Riset ini dipublikasikan dalam Laporan Akademi Sains Nasional Amerika Serikat edisi Juni 2006. Mengatakan bahwa tanaman padi (Oryza sativa indica) berasal dari India, Myanmar dan Thailand. Sedangkan (Oryza sativa japonica) berasal dari Cina selatan dan menyebar ke seluruh dunia.
Padi dan saudara-saudaranya, yakni gandum (Triricu sativum), jagung (Zeamays), sorghum (Andropogon sorghum) adalah keluarga dalam famili graminaceae. Sebenarnya ada satu lagi saudaranya, yaitu alang-alang (Imperata cylindrica) yang dibiarkan hidup liar bahkan di basmi habis-habisan.

Baca juga : 46 Spesies Baru Ditemukan di Hutan Tropis Suriname


Padi yang saat ini kita kenal adalah padi species (Oryza sativa L) konon mempunyai varietas-varietas padi liar, misalnya Oryza L.f. spontanea, Oryza officinalia wall dan Oryza perennis, yang memang kebetulan tumbuh di wilayah itu. Dan dari sanalah padi menyebar keberbagai tempat kesegala penjuru yaitu Ke timur sampai di Cina dan Jepang, kebarat sampai di Persia (Iran) dan Mesopotamia (Irak)

Negara Eropa pertama kali mengenal padi yaitu saat Iskandar Zulkarnain Yang Agung menjelajahi Asia Barat sampai ke India. Dia membawa Oleh-oleh pulang antara lain padi dan beras, akan tetapi pembudidayaan padi di Eropa baru dimulai ketika bangsa Arab melakukan ekspansi ke Spanyol dan selanjutnya padi menyabar sampai ke Italia dan Negara Balkan.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner