-->

Desa Kita

Desa Kita
.

Minggu, September 01, 2019

14 Cara Alami Yang Ampuh Mengobati Sakit Gigi Berlubang Dan Tidak Berlubang


Cara alami mengobati sakit
Wajah orang yang sakit gigi
MdsL - Ada beberapa cara alami mengobati sakit gigi berlubang maupun sakit gigi yang tidak berlubang pada anak dan orang dewasa. Namun dari sekian banyak cara alami mengobati gigi, untuk setiap orang tidak selalu berhasil dengan cara yang sama. Namun yang jelas ada beberapa cara untuk mengobati sakit gigi yang berbeda disetiap daerah.
Dari sekian banyak cara mengobati sakit gigi diantaranya adalah dengan memasukkan antalgin ke gigi yang berlubang, ada yang memasukkan asam cuka pakai kapas ke gigi berlubang, dan ada pula memasukkan kunyit yang digiling dan dicampur garam ke gigi yang berlubang dan masih banyak lagi cara yang lain untuk mengobati sakit gigi yang untuk sebagian orang dapat berhasil. Namun di bawah ini kami sajikan beberapa cara alami yang ampuh dan simpel untuk mengobati sakit gigi, mudah-mudahan salah satu dari cara tersebut bisa membantu orang yang sakit gigi.

Berikut adalah cara alami untuk mengobati sakit gigi yang perlu anda coba dan biasanya salah satu diantaranya bisa berhasil.
Cara Mengobati Sakit Gigi berlubang

1.     Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang
a.     Cara pertama

                Bahan-bahan yang diperlukan :
                     1.      -  Getah buah kates / getah pepaya
                     2.       - Minyak angin
                     3.       - Kapas 

Cara membuatnya adalah sebagai berikut :
Yang pertama Ambil beberapa tetes getah kates atau pepaya buat di tapak     kemudian campurkan minyak angin dengan perbandingan satu banding satu. Kemudian ambil kapas secukupnya atau sebesar lubang gigi yang  sakit. Selanjutnya lumurkan kapas ke campuran getah papaya dengan minyak angin dan masukkan ke dalam gigi yang berlubang sekitar 2 menit. Setelah itu ganti lagi dan masukkan lagi ke dalam gigi yang berlubang. Ulangi cara tersebut sebanyak tiga kali. Biasanya setelah ketiga kali diganti sudah terasa sakit giginya berkurang.
b.     Cara kedua
 Bahan-bahan yang diperlukan :
 1.   – Kunyit secukupnya
 2.       – Garam secukupnya
Cara membuatnya adalah sebagai berikut
Kunyit dihaluskan dicampur dengan garam dengan perbandingan 1 banding 1, setelah itu dibulatkan sebesar lubang pada gigi. Kemudian campuran garam dengan kunyit tersebut dimasukkan kedalam gigi yang berlubang, tunggu sekitar dua menit, ganti lagi dengan yang baru, setelah dua menit ganti lagi dengan yang baru. Setelah dua menit  ganti lagi dengan yang baru. Cukup tiga kali penggantian, sakit gigi akan hilang.
Minyak Cengkeh obay sakit gigi

c.      Cara ketiga
Bahan-bahan yang diperlukan :
-         Cengkeh 10 biji
-         Minyak angin secukupnya
Cara membuatnya :
Lumatkan cengkeh sampai halus tambahkan minyak angin sedikit, kemudian bulatkan sebesar lubang pada gigi, kemudian masukkan pada gigi berlubang, tunggu sampai 2 menit, ulangi cara tersebut sampai tiga kali, sakit gigi akan hilang.
d.  Cara keempat
    Bahan-bahan yang diperlukan :
-         Minyak gandapura secukupnya
-         Kapas secukupnya
Cara membuatnya :
Bulatkan kapas sebesar lubang pada gigi, kemudian teteskan minyak gandapura pada kapas tersebut sampai basah, kemudian masukan pada gigi berlubang, setelah dua menit keluarkan dan buat yang baru, ulang sampai tiga kali maka sakit gigi akan hilang.
e.  Cara ke lima
     Bahan-bahan yang diperlukan :
-         Cuka makan secukupnya
-         Kapas secukupnya
Cara membuatnya :
Bulatkan kapas sebesar lubang pada gigi, kemudian tetskan cuka makan sampai kapas basah, kemudian masukkan pada gigi berlubang. Tunggu sampai dua menit, baru keluarkan. Ulangi cara tersebut sampai tiga kali, maka sakit gigi akan hilang.
f.  Cara keenam
    bahan-bahan yang diperlukan :
-         lada bubuk satu sendok teh
-         garam setengah sendok teh
-         air secukupnya
Cara membuatnya :
Lumatkan garam kemudian campurkan lada bubuk dan tambahkan sedikit air, lalu bulatkan sebesar lubang pada gigi, kemudian masukkan pada gigi berlubang biarkan sekitar dua menit, kemudian keluarkan. Ulangi cara tersebut sampai tiga kali maka sakit gigi akan hilang
g.  Cara ketujuh
    Bahan-bahan yang diperlukan :
-         dua suing bawang putih
-         dua suing bawang merah
-         setengah sendok teh garam
Cara membuatnya :
Giling ketiga bahan tersebut sampai halus, kemudian bulatkan sebesar lubang gigi, lalu masukkan bahan tersebut ke dalam gigi berlubang, biarkan sekitar dua menit kemudian keluarkan, ganti lagi dengan yang baru. Ulangi cara tersebut sampai tiga kali maka sakit gigi akan hilang
h. Cara kedelapan
     Bahan-bahannya :
-         daun lidah buaya 1 lembar
-         garam setengh sendok teh
-         kapas secukupnya
Cara membuatnya :
Kupas kulit daun lidah buaya, ambil dagingnya secukupnya lumatkan bersama garam kemudian lumurkan pada kapas, lalu masukkan ke lubang gigi, tunggu sekitar dua menit kemudian keluarkan, ganti lagi dengan yang baru, ulangi sampai tiga kali, sakit gigi akan hilang
i. Cara kesembilan
Jika salah satu cara di atas tidak mampu mengobati sakit gigi berlubang anda  maka cara yang satu ini adalah cara yang terakhir, yaitu dengan bahannya berupa obat yang dijual di apotek maupun warung yaitu obat antalgin.
Caranya bukan memakan antalgin seperti yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang. Bila sering-sering makan obat antalgin tidak baik untuk kesehatan, lagi pula antalgin hanya sebagai obat analgesic, atau obat anti rasa sakit ringan misalnya bila seseorang sakit kepala. Dalam hal untuk mengobati sakit gigi dengan antalgin adalah dengan cara memotong pil antagin sebesar lubang pada gigi, lalu masukkan antalgin ke dalam gigi berlubang, biarkan antalginnya sampai hancur, biasanya bila antalginnya sudah hancur, maka sakit giginya pun akan hilang. Bila sakit giginya kambuh lagi, masukkan lagi antalgin ke dalam lubang gigi. Namun perlu diwaspadai bahwa sebagai efek samping dari antalgin tersebut adalah lama-lama gigi yang berlubang tadi akan keropos dan lama-lama giginyapun akan habis.
             
      2.  Cara mengobati sakit gigi yang tidak berlubang

a. Cara pertama
    Bahan-bahannya :
    -. Satu rimpang jahe 200 gram
    - air seperempat gelas
    Cara membuatnya :
Blender atau giling jahe tambah air, kemudian peras airnya, kemudian kumur-kumur air jahe tersebut, tahan sampai lima menit baru buang. Ulangi cara tersebut sampai tiga kali maka sakit gigi akan hilang.
           b. Cara kedua
               bahan-bahannya :
             -. Jeruk Lemon secukupnya
Jeruk Lemon obat sakit gigi

              Cara membuatnya :
Jeruk lemon diperas diambil airnya, kemudian dikumur-kumur, tahan sekitar lima menit, lalu buang kemudian ulangi lagi cara tersebut samapai tiga kali maka sakit gigi akan hilang.
Garam Obat sakit gigi

          c.  Cara ketiga
              bahan-bahannya :
-         Garam satu sendok makan
-         Air satu gelas
Cara membuatnya :
Aduk garam kedalam air sampai larut, lalu kumur-kumur sekitar lima menit, lalu buang, ulangi cara tersebut sampai tiga kali maka sakit gigi akan hilang.
Sirih Obat Sakit Gigi

d. Cara keempat
    bahan-bahannya :
-         Daun sirih 7 lembar
-         Setengah sendok teh kapur sirih
Cara membuatnya :
Rebus daun sirih dengan air sampai tinggal satu gelas kemudian saring kemudian tambahkan kapur sirih diamkan sampai hangat-hangat kuku lalu kumur-kumur air rebusan sirih tersebut sekitar lima menit, kemudian buahng. Ulangi kumur-kumur sampai tiga kali, mudah-mudahan sakit gigi akan hilang.
Serai Obat Sakit Gigi

e. Cara kelima
    Bahan-bahannya :
-         5 siung daun serai
-         Air dua gelas
Cara membuatnya :
Rebus daun serai dengan dua gelas air, sampai tinggal satu gelas, dinginkan sampai hangat-hangat kuku, kemudian kumur-kumur air rebusan serai tersebut, tahan selama 5 menit, ulangi sampai tiga kali, sakit gigi akan hilang.

Selain cara mengobati sakit gigi seperti di atas adalah lebih baik mencegah daripada mengobati. Pencegahan yang dimaksud disini adalah perlunya merawat gigi setiap hari agar terhindar dari sakit gigi.
      3.  Cara Perawatan Gigi Yang  Benar
Berikut ini adal beberapa langkah yang harus dilakukan dalam hal perawatan gigi setiap hari yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari sakit gigi:
1. Menyikat gigi
Dalam hal menyikat gigi setiap hari adalah mutlak setelah selesai makan. Dan saat bangun tidur dan sebelum tidur, dan jangan lupa untuk membersihkan gigi dengan benang gigi
Dakam hal menyikat gigi, gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride, karena Fluoride berfungsi melindungi gigi dari senyawa asam yang menyebabkan kerusakan pada gigi dengan cara mencegah bakteri pada plak memproduksi zat asam, selain itu Fluoride juga dapat membantu memperbaiki lapisan enamel gigi sehingga memperkokoh gigi.
2. Berkumur
Setelah menyikat gigi usahakanlah berkumur dengan  menggunakan cairan pembersih mulut. 
3. Hindari makanan penyebab gigi berlubang
Sebaiknya  menghindari makanan penyebab gigi berlubang, misalnya makanan yang manis dan juga makanan yang dapat menempel di celah gigi (contohnya :  permen, kue, coklat, dan keripik
4. Makan makanan yang banyak mengandung calsium
Makanlah makanan yang banyak mengandung calcium setiap hari karena sangat bermanfaat untuk kesehatan gigi, karena calcium berfungsi untuk menguatkan gigi dan tulang. Adapun makanan yang banyak mengandung calcium adalah
susu dan produk olahan susu,
Berbagai jenis makanan berkalsium tinggi selain susu dan produk olahan susu meliputi:
-          Sayuran hijau, seperti bayam,  lobak, sawi hijau, brokoli, danlain-lain.
-          Makanan laut, seperti ikan sarden, tongkol, dan salmon.
-          Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti kacang tanah, lentil, kedelai, almond, dan biji wijen dan lain-lain
Kenapa calsium harus cukup dalam kebutuhan sehari-hari, karena apabila calsium kurang maka tubuh akan mengambil zat calsium dari tulang dan gigi, sehingga gigi dan tulang akan keropos. Pada saat gigi keropos, maka bakteri pembusuk sangat mudah menggerogoti gigi sampai berlubang. Kalau gigi kuat tidak mungkin sampai berlubang dibuat oleh bakteri pembusuk, paling hanya gusi yang bengkak.
Berapa kebutuhan calsium yang dibutuhkan tubuh ?
Berikut ini adalah tabelKebutuhan kalsium harian berdasarkan usia dan kondisi tubuh, :
Asupan kalsium yang cukup selain untuk kesehatan gigi dan tulang, adalah untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit, termasuk hipertensi, paru-paru, dan jantung.
Usia
Pria
Wanita
Hamil
Menyusui
0-6 bulan *
200 mg
200 mg
7-12 bulan *
260 mg
260 mg
1-3 tahun
700 mg
700 mg
4-8 tahun
1.000 mg
1.000 mg
9-13 tahun
1,300 mg
1,300 mg
14-18 tahun
1,300 mg
1,300 mg
1,300 mg
1,300 mg
19-50 tahun
1.000 mg
1.000 mg
1.000 mg
1.000 mg
51-70 tahun
1.000 mg
1,200 mg
71+ tahun
1,200 mg
1,200 mg



           






















































































Sumber  Tabel : https://www.honestdocs.id/buah-yang-mengandung-kalsium


Demikian beberapa cara untuk mengobati sakit gigi berlubang maupun tidak berlubang sekaligus cara pencehannya. Semoga salah satu cara di atas dapat membantu mengobati sakit gigi anda.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner