-->

Desa Kita

Desa Kita
.

Jumat, September 20, 2019

Fakta Menakjubkan Seputar Jantung Manusia


Fakta Menakjubkan Seputar Jantung Manusia

Jantung terletak di rongga dada, diantara paru-paru kiri dan paru-paru kanan, besarnya kira-kira sebesar kepal tangan. Jantung hanya terdiri dari otot, kerjanya diperintah oleh otak bawah sadar.

Jantung merupakan alat pemompa darah dari dan ke seluruh tubuh. Jantung manusia mempunyai empat ruang. Dua ruang di bagian atas disebut serambi (atrium) kanan dan kiri. Masing-masing serambi berhubungan dengan pembuluh balik. Sementara dua ruang lagi yang lebih besar berada di bawah serambi atau  disebut dengan bilik (ventrikel) kanan dan kiri. Masing-masing bilik berhubungan dengan pembuluh nadi.

Antara serambi dan bilik dipisahkan oleh sebuah klep, klep ini yang membuat darah mengalir hanya dari serambi ke bilik atau dari atrium ke ventrikel. Di antara serambi kanan dan kiri, dan antara bilik kanan dan kiri dipisahkan oleh sekat atau pembatas.

Jantung memiliki dua belahan yaitu belahan kiri dan kanan, maka dapat diumpamakan bahwa jantung ibarat dua pompa yang terpisah, satu di sebelah kanan  dan satu di sebelah kiri.

Fungsi klep pada jantung adalah untuk mempertahankan agar darah mengalir dalam satu arah. Klep antara serambi kiri dan bilik kiri disebut dengan valvula bikuspidalis (klep dua daun) dan klep antara serambi kanan dan bilik kanan disebut valvula trikuspidalis (klep tiga daun). Klep yang lain terdapat di antara ventrikel dan arterinya yang disebut valvula semilunaris.

Selama hidup jantung dapat memompa darah sebanyak 200 miliar liter atau banyaknya dapat mengisi Taman New york setinggi 15 meter.

Jantung hanya memerlukan waktu sekitar 90 detik untuk memompa darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah yang sepanjang 100.000 kilo meter, atau lebih kurang dua kali panjang keliling bumi.

Jantung menghabiskan energi setiap harinya sangat pantastis, dimana besarnya energy yang dihabiskan jantung cukup untuk mengangkat benda seberat sekitar 1 ton ke ketinggian 13 meter.

Pada umur 50 tahun jantung seseorang telah melakukan kerja yang setara dengan mengangkat benda seberat 18.000 ton ke ketinggian 230 km. Berat ini lebih besar beberapa kali lipat bila dibandingkan  dengan berat muatan yang paling berat yang pernah di tempatkan di orbit bumi.


NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner