-->

Desa Kita

Desa Kita
.

Sabtu, September 14, 2019

Sumber Vitamin D Terbaik Bagi Tubuh Selain Sinar Matahari


MdsL - Ternyata banyak jenis makanan sebagai sumber vitamin D selain matahari. Adapun manfaat  vitamin D adalah untuk kesehatan tulang, membantu melawan kanker, diabetes, depresi, dan jantung. Bahkan, dapat membuat Anda berumur panjang. Oleh karena itu tubuh kita membutuhkan vitamin D. Menurut Michael Melamed, MD., assistant professor of medicine, epidemiology and population health, Albert Einstein College of Medicine di New York City, AS. Ada zat tertentu dalam vitamin D yang bersifat super-protektif. Dan menurut WHO kebutuhan tubuh akan vitamin D hanya 400 IU per hari, dan  riset terbaru  menyarankan 1700 IU untuk memelihara kesehatan.

Sejak kita dari SD, kita diajarkan bahwa sumber vitamin D adalah dari sinar matahari. Namun sebenarnya sinar matahari bukan sumber vitamin D nya, tetapi sinar Ultra Violet yang terdapat dalam sinar matahari mampu merubah PROVITAMIN D yang terdapat dalam lemak di bawah kulit menjadi  VITAMIN D. Jadi dapatlah dikatakan matahari sebagai sumber vitamin D. Namun disamping itu, dalam makanan juga banyak terdapat vitamin D. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sebagai sumber vitamin D.


1. Minyak ikan

vitamin dalam Satu sendok makan minyak ikan

Membayangkan bau dan rasanya saja, Anda mungkin mual. Tapi coba pikirkan manfaat dan kandungan vitamin D-nya! Kandungan vitamin dalam Satu sendok makan minyak ikan adalah sebanyak 1360 IU atau sekitar 340% dari kebutuhan harian vitamin D untuk tubuh. Berarti bila mengkonsumsi minyak ikan ini adalah merupakan penyedia vitamin D terbaik dalam sekali telan! Disamping itu minyak ikan juga banyak mengandung asam lemak berupa omega-3, yang sangat berguna untuk kesehatan jantung, depresi dan Alzheimer.

2. Susu

Susu banyak mengandung vitamin D

Susu banyak mengandung vitamin D. Setiap gelas susu mengandung 98 IU atau setara dengan 25% kebutuhan harian vitamin D. Sebuah penelitian menunjukkan, wanita yang minum 10 gelas susu atau lebih per minggu saat usia remaja dan usia 20-an, memiliki resiko rendah terkena kanker payudara.

3. Udang

Udang selain rendah kalori juga banyak mengandung vitamin D

Udang selain rendah kalori juga banyak mengandung vitamin D. Makan udang sebanyak 85 gram sehari berarti sudah mengandung sekitar 129 IU vitamin D atau sekitar 32% dari kebutuhan harian Vitamin D untuk Tubuh. Selain itu Udang juga banyak mengandung protein dan mineral seperti zinc, yang berfungsi membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Baca juga : Cara Menurunkan Berat Badan Seminggu 5 Kg Tanpa Olah Raga, Tanpa Diet, Dijamin.

4. Tuna kaleng

Daging ikan tuna juga sangat banyak mengandung vitamin D

Daging ikan tuna juga sangat banyak mengandung vitamin D. Sebanyak  85 gram ikan mengandung vitamin sebanyak 200 IU atau setara dengan 50% dari kebutuhan harian vitamin D tubuh. Disamping sebagai sumber vitamin D, Ikan tuna juga menjadi sumber protein yang baik dan mengandung asam lemak omega-3 sehingga juga bisa bermanfaat untuk kesehatan jantung.

5. Sereal

Sereal juga banyak mengandung Vitamin D

Sereal juga banyak mengandung Vitamin D, Satu cangkir sereal untuk sarapan ternyata memiliki kandungan vitamin D sebanyak 40 IU atau sekitar 10% dari kebutuhan harian vitamin D. Selain itu, sereal juga menjadi sumber energi dan kandungan zat besi dan vitamin B.

6. Keju Swiss
Keju swiss dapat dijadikan makanan sebagai sumber vitamin D.

Keju Swiss adalah keju yang mengalami proses pembuatan alami sehingga kandungan sodiumnya lebih rendah dibanding keju pabrikan yang banyak dijual di pasaran. Keju swiss dapat dijadikan makanan sebagai sumber vitamin D. Satu lembar keju Swiss mengandung sekitar 12 IU vitamin D atau setara 4% kebutuhan harian vitamin D

7. Tiram (Oyster)

Kandunag Vitamin D dari tiram lebih banyak dari udang

Kandunag Vitamin D dari tiram lebih banyak dari udang. Setiap 85 gram daging tiram iram memiliki kandungan vitamin D sebanyak  272 IU atau setara dengan 68% dari kebutuhan harian vitamin D. Selain itu Tiram juga sebagai makanan mengandung hormone seksual, dan juga tiram juga sumber zat mineral zinc, dan merawat kesehatan kuku, rambut, serta mata.

8. Telur
Kuning telur banyak mengandungvitamin D

Kuning telur banyak mengandungvitamin D. Dalam satu butir kuning telur mengandung sebanyak 20 IU vitamin D atau setara dengan  6% kebutuhan vitamin D harian. Disamping itu Kuning telur juga sebagai sumber protein.

9. Salmon
Daging salmon juga banyak mengandung vitamin D

Daging salmon juga banyak mengandung vitamin D. Untuk setiap 100 gram daging salmon mengandung sekitar 360 IU vitamin D atau setara dengan  90% dari kebutuhan harian vitamin D tubuh.  Disamping itu daging ikan salmon jugasebagai sumber terbaik asam lemak omega-3 yang bisa yang baik untuk kesehatan jantung, kanker dan depresi.

10. Jus jeruk
Segelas jus jeruk  mengandung sebanyak 100 IU vitamin D

Segelas jus jeruk  mengandung sebanyak 100 IU vitamin D atau setara dengan 25% kebutuhan harian vitamin D.  Selain itu Jus jeruk juga banyak mengandung vitamin C dan antioksidan berguna untuk membantu melawan penyakit atau kekebalan tubuh.

Itulah beberapa manfaat  makanan sebagai sumber vitamin D.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner