-->

Desa Kita

Desa Kita
.

Rabu, April 01, 2020

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Menarik Perhatian Pimpinan Perusahaan

Tips dalam membuat surat lamaran kerja

Surat Lamaran Kerja adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang ingin bekerja di suatu instansi baik instansi pemerintah maupun swasta.  Dimana Surat Lamaran ini adalah salah satu persyaratan mutlak.  Mengingat banyaknya persaingan antar pelamar pekerjaan maka dibutuhkan keahlian atau strategi tersendiri dalam hal membuat surat lamaran kerja yang dapat menarik perhatian dari pimpinan perusahaan.

Selain pengalaman kerja dan keahlian yang dimiliki oleh seseorang Surat lamaran yang menarik akan memberi peluang yang lebih besar untuk diterima oleh pimpinan perusahaan pencari kerja.
Dibawah ini akan diberikan beberapa contoh surat lamaran kerja baik yang sangat sederhana maupun surat lamaran kerja yang yang lebih agressif.
Namun sebelumnya akan dibahas apa-apa saja criteria dan tips-tips yang perlu dilakukan sebelum membuat surat lamaran kerja.

Tips dalam membuat surat lamaran kerja

Berikut adalah ini tips yang pelu dilakukan sebelum membuat surat lamaran pekerjaan agar nantinya surat lamaran tersebut mendapat perhatian dari pimpinan perusahaan dan besar kemungkinan dipanggil untuk sesi wawancara:
  1. Menggunakan bahasa Indonesia dengan Ejaan Yang Disempurnakan.
  2. Penulisan tidak bertele-tele
  3. Surat lamaran kerja ditulis dengan computer terkecuali surat lamaran kepada instansi pemerintah, harus ditulis tangan
  4. Lengkapi dengan berkas pendukung seperti izasah terakhir yang dilegalisir, fotokopi KTP, Daftar riwayat hidup, fotokopi Surat Referensi kerja, SKCK, dan lain-lain.
  5. Kalau mempunyai pengalaman kerja atau keahlian silahkan dituliskan dengan sopan didalam surat lamaran tersebut, artinya seseorang harus mempromosikan dirinya bahwa dia adalah orang yang tepat dalam mengisi lowongan kerja tersebut.

Isi dari Surat Lamaran Kerja

Dalam penulisan surat lamaran kerja ada beberapa hal yang tidak boleh terlewatkan yaitu sebagai berikut :
  1. Tempat dan tanggal
Biasanya tempat dan tanggal berada di pojok kanan atas yang berisi tempat anda menulis surat lamaran dan tanggalnya, misalnya :
                                                                                                                Surabaya, 25 Maret 2020
2.       Perihal
Perihal biasanya dituliskan dipojok kiri atas yang berisi : Surat Lamaran Kerja
Seperti tertulis di bawah ini :
Hal          : Surat Lamaran Kerja
  1. Alamat Perusahaan lengkap
Sejajar dengan perihal, maka nama perusahaan dan alamat perusahaan berada di sebelah kiri, seperti tertulis di bawah ini :
Surabaya, 25 Maret 2020

Hal          : Surat Lamaran Kerja                                                        Kepada Yth.
                                                                                                                Pimpinan PT. ………..
                                                                                                                Jl. ………….
  1. Salam pembuka
Salam pembuka biasanya berisi “Dengan hormat” dan setelah itu tanda koma (,) baru kata selanjutnya di baris berikutnya. Lihat contohnya nya :
Surabaya, 25 Maret 2020

Hal          : Surat Lamaran Kerja                                                        Kepada Yth.
                                                                                                                Pimpinan PT. ………..
                                                                                                                Jl. ………….
Dengan hormat,
Sehubungan dengan ……………………..

  1. Kata Pengantar
Kata pengantar yang dimaksud disini adalah kata-kata yang menggambarkan bahwa kita mendapatkan informasi bahwa sesuatu perusahaan sedang membutuhkan pekerjaan atau dengan kehendak sendiri kita hendak menempati posisi tertentu di suatu perusahaan walaupun tidak dibuat iklan.
contoh :
Sesuai dengan iklan yang saya baca di harian KITA bahwa perusahaan yang Bapak pimpin sedang membutuhkan seorang Operator Genset Oleh karena itu, saya mengirimkan surat lamaran ini, besar harapan saya untuk dapat menempati posisi tersebut.

  1. Biodata diri
Berisi  minimal : Nama , Tempat tanggal lahir, agama, alamat,

  1. Pengalaman kerja atau keahlian yang dimiliki
Sebutkan satu-persatu pengalaman kerja yang anda miliki, kalau anda belum memiliki pengalaman kerja karena baru lulus, maka sebutkan keahlian atau kecakapan yang anda punya, misalnya menguasai computer dan sebagainya. Dan kalau anda tidak mempunyai keahlian khusus, sebaiknya anda menuliskan integritas anda, misalnya motivasi dan loyaliatas yang tinggi dalam bekerja, jujur dan bertanggung jawab
Contohnya :
Saat ini saya dalam kondisi kesehatan baik jasmani maupun rohani, saya memiliki motivasi dan loyalitas yang tinggi, jujur, ulet, cermat dan cepat tanggap dan  memahami bidang yang baru.

  1. Salam penutup
Memuat ucapan terma kasih dan nama dan tanda tangan

Berikut ini adalah beberapa contoh diberbagai bidang yang dapat dijadikan sebagai referensi bagi orang yang mau pembuat pelamaran :


Surat lamaran kerja yang umum dan memiliki Pengalaman kerja

1.       Surat lamaran kerja yang umum dan memiliki Pengalaman kerja

Jakarta, 25 Juli 2017
Hal : Lamaran Pekerjaan                                                                                   Kepada Yth,
Pimpinan Perusahaan
PT. Maju Sejahtera
Jl. MT Haryono No. 25 B
Jakarta

Dengan hormat,
Sesuai dengan iklan lowongan pekerjaan dari PT. Maju Sejahtera, Pada harian KITA pada tanggal 23 Juli 2017. Bersama ini saya mengajukan Surat Lamaran Kerja untuk menempati posisi yang lowong di perusahaan yang Bapak pimpin. Adapun data pribadi saya adalah sebagai berikut :
Nama                                                      : Nurainun, SE
Tempat, Tanggal Lahir                       : Medan, 22 September 1986
Pendidikan Terakhir                           : Atmajaya (S1)
Alamat                                                  : Jl. RA. Kartini, No. 27 Jakarta
Telepon                                                 : ……………..
E-mail                                                    : ………@gmail.com

Saya berbadan sehat jasmani dan rohani,  lancar berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan. serta memiliki kemampuan akuntansi yang baik, dapat menggunakan computer MS Office EXCELL, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.

Saya mempunyai pengalaman kerja  3 tahun sebagai staff accounting di PT. Angin Ribut.  Dan Saya senang bekerja secara baik mandiri maupun dalam kelompok

Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak, bersama ini saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Foto copy ijazah S-1
3. Foto copy sertifikat kursus computer
4. Foto copy Surat Referensi Kerja
5. Pas foto terbaru.

Besar harapan Saya Bapak memanggil saya wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan dengan terperinci tentang potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya, dan  atas perhatian Bapak saya ucapkan terima kasih

Hormat saya,


Aisyah Muthiah, SE
Surat Lamaran Kerja mempunyai keahlian dibidang Design Grafis

2.       Contoh Surat Lamaran Kerja mempunyai keahlian dibidang Design Grafis 
Medan, 4 Februari 2019
Hal : Surat Lamaran                                                            Kepada  Yth.
Bapak/Ibu
Pimpinan Perusahaan
PT Sentosa
Jl. Pantai No. 21
Medan

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan informasi yang saya peroleh bahwa di Perusahaan yang Bapak sedang membutuhkan karyawan dibidang design grafis, untuk itu saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                                                     : Taufik Kuncoro
Tempat dan Tanggal Lahir               : Medan Tembung, 22 Juni 1984
Jenis Kelamin                                      : Laki-laki
Pendidikan                                           : Diploma 1 Komputer
Alamat Sekarang                                                 : Jl. Binjai KM 9.5, Medan Deli 
Nomor Telp/Hp                                                    : 0821100032000
Dengan ini mengajukan Surat Lamaran Kerja agar dapat menerima saya menjadi karyawan Design Grafis di perusahaan Bapak pimpin. Saya mempunyai kondisi kesehatan yang baik, memiliki motivasi dan loyalitas yang tinggi, jujur, ulet, cermat dan cepat memahami bidang baru yang sedang dipelajari. Saya bersedia ditempatkan dimana saja sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Sebagai bahan pertimbanganbagi Bapak, saya melampirkan:
1.       Fotokopi ijasah terakhir, 1 lembar
2.       Fotokopi KTP, 1 lembar
3.       Pas foto 3 x 4, 2 lembar
4.       Daftar Riwayar Hidup 1 lembar
5.       Surat Pengalaman Kerja 1 lembar
Besar harpan saya agar dapat diterima bekerja di perusahaan yang Bapak pimpin.
Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,

Taufik Kuncoro

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank untuk Orang Yang belum mempunyai pengalaman kerja

3. Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank untuk Orang Yang belum mempunyai pengalaman kerja
Jakarta, 11 Maret 2018
Hal : Surat Lamaran                                            Yth. Direktur Bank Rakyat Indonesia (BRI)
Jakarta Pusat
Dengan hormat, saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama                                     : Dian Saputri
Tempat/tanggal lahir          : Medan, 11 April 1987
Alamat                                   : Desa Manduamas Lama Kecamatan Manduamas
Pendidikan terakhir             : S1
No. HP                                   : 0831100032000

Menurut iklan yang saya abaca di harian surat kabar KITA bahwa perusahaan yang Bapak pimpin sedang membutuhkan staff HRD. Oleh karena itu, saya mengirimkan surat lamaran kerja ini, besar harapan saya untuk dapat diterima bekerja diperusahaan yang Bapak pimpin. Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak berikut ini saya lampiran :
1.       Fotokopi ijazah yang telah dilegalisir
2.       Fotokopi transkip nilai yang telah dilegalisir
3.       Fotokopi KTP
4.       Daftar riwayat hidup
5.       Kartu Kuning
6.       Fotokopi SKCK
7.       Foto 3×4 sebanyak 5 lembar
8.       Fotokopi sertifikat pendukung
Berdasarkan dokumen yang saya lampirkan saya yakin kualitas diri saya dapat menempati posisi yang lowong diperusahaan yang Bapak pimpin dan dapat memberikan kemajuan bagi perusahaan. saya memiliki dedikasi dan loyalitas serta kualitas yang tinggi. Jujur, ulet dan memiliki motivasi yang tinggi.
Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya,

Dian Saputri
Contoh surat lamaran pekerjaan bagi orang yang baru lulus

4.  Contoh surat lamaran pekerjaan bagi orang yang baru lulus

                                                          Yogyakarta, 07 Maret 2017
Perihal: Lamaran Kerja                                                                      Kepada Yth
Bapak Pimpinan Perusahaan
PT. Maju Sejahtera
Jl. Adisucipto No. 8
Surabaya

Dengan Hormat,
Berdasarkan iklan yang saya baca di surat kabar KITA  tanggal 06 Maret  2017,  Manajemen PT. Maju Sejahtera  membuka lowongan pekerjaan. Dengan surat Lamaran ini, saya hendak menempati posisi pekerjaan yang lowong tersebut. Adapun pekerjaan yang saya maksud adalah bagian Marketing
Adapun data diri saya :
Nama                                     : Ahmad Saputra
Tempat/tgl lahir                 : Probolinggo, 02 April 1985
Jenis kelamin                     : Laki-laki
Pendidikkan terakhir       : S1 Akuntansi
Alamat                                  : Jl. Jayabaya  No. 2 Jogjakarta
Telepon /HP                        : 0851100032000
Saat ini saya dalam keadaaan sehat jasmani maupun rohani dapat berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris, dapat mengoperasikan computer MS. Office,jujur dan ulet memiliki motivasi yang tinggi dan pekerja keras serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk menghadapi pelanggan.
Sebagai bahan pertimbangan Bapak, saya melampirkan sebagai berikut:

1.    Daptar Riwayat Hidup
2.    Foto copy Ijasah terakhir 1 lembar
  1. Foto copy SKCK 1 lembar
  2. Foto copy surat referensi kerja 1 lembar
  3. Foto ukuran 3 x 4 1 lembar
  4. Foto copy KTP 1 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, dan atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat saya

Ahmad Saputra
Contoh Format surat lamaran pekerjaan secara umum

5. Contoh Format surat lamaran pekerjaan secara umum
Hal          : Surat Lamaran Kerja                                                        Kepada Yth,
                                                                Pimpinan Perusahaan
                                                                PT. …………………………
                                                                Jl. ……………………………
                                                                  …………………….
,  
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama                                                     : ……………………………
Jenis Kelamin                                    : …………………………..
Pendidikan Terakhir        : …………………………..
Alamat                                                  : ……………………………
Agama                                                  : ………………………….

Sehubungan dengan Iklan yang saya baca di (…………….) terkait dengan dibukanya lowongan pekerjaan di PT ……. Cabang (………….) Untuk ditempatkan di bagian (Posisi/Jabatan), maka dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan surat lamaran kerja guna dapat menempati posisi tersebut.

Sebagai pertimbangan bersama ini saya melampirkan :
  • Fotocopy Surat Riwayar Hidup
  • Fotpcopy ijasah
  • Fotokopy KTP
  • Fotocopy SKCK
  • Fotocopy Surat Pengalaman Kerja
  • Foto ukuran 4×6: 4 (empat) lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat atas perhatian Bapak saya ucapkan terima kasih.

Hormat  saya,
                                                                                                                  …………………….
Contoh surat lamaran pekerjaan menjadi SPG di Indomaret

6. Contoh surat lamaran pekerjaan menjadi SPG di Indomaret

Surabaya, 11 Maret 2000

Kepada Yth,
HRD PT Indomaret .
Jl. Selebes No. 44 D
Surabaya
Dengan hormat,

Dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan PT Indomaret Cabang Surabaya dengan posisi sebagai Sales Promotion Girls (SPG). sehubungan dengan hal tersebut, berikut saya cantumkan biodata saya :
Nama                                                     : ………………………
Tempat, Tanggal Lahir      : ………………………
Jenis Kelamin                                      : Perempuan
Pendidikan Terakhir                           : SMK Tanjung Tiram
Alamat                                                   : Jl. Setia No. 11 Tebet
Nomor Telepon (HP)                          : 0821100032000
E-mail                                                    : ………@gmail.com
Saat ini saya dalam keadaaan sehat jasmani maupun rohani. ujur dan ulet memiliki motivasi dan dedikasi yang tinggi,pekerja keras serta memiliki penampilan yang menarik.
Berikut ini saya lampirkan berkas sebagai bahan pertimbangan :
1.     Daftar riwayat hidup
2.     Fotokopi ijazah pendidikan terakhir
3.     Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
5.     Surat Keterangan Sehat dari Dokter
7.     Fotokopi sertifikat komputer
8.     Pasfoto 4×6 2 lembar
Demikian surat lamaran pekerjaan yang saya buat, sangat besar harapan saya agar Bapak dapat mempertimbangkan saya sebagai bagian dari perusahaan Bapak. Atas perhatian dan waktu Bapak saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

                                                                                                                    ……………………

 Contoh surat lamaran pekerjaan sebagai kasir


7.    Contoh surat lamaran pekerjaan sebagai kasir

Jambi, 13 Oktober 2016

Hal : Surat Lamaran Kerja                                                 Kepada
HRD PT JAYA NUSANTARA
Jl. Lintas No. 22
Dengan hormat,
Bersama dengan ini saya bermaksud mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang Bapak pimpin untuk posisi Kasir  Maka sehubungan dengan itu, berikut saya cantumkan biodata saya di bawah ini :
Nama                                     : …………..
Tempat, Tanggal Lahir : Suabaya, 05 November 1996
Umur                                      : 20 tahun
Jenis Kelamin                      : Wanita
Pendidikan                           : SMA
No. Telepon                         : 081100032000
Email                                      : ………@gmail.com
Alamat                                   : Perintis No. 25 A Jakarta
Saat ini saya dalam keadaaan sehat jasmani maupun rohani. Saya dapat mengoperasikan computer MS. Office dan EXCELL,jujur dan bertanggung jawab, cermat dan disiplin, serta loyalitas yang tinggi.
Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:
1. Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV)
2. Fotokopi Ijazah SMA dilegalisir
3. Fotokopi KTP
4. Fotokopi SKCK dilegalisir
5. Pas Photo 4x6 2 Lembar
8. Surat Keterangan Sehat dari Dokter
Demikian surat lamaran ini saya ajukan, besar harapan saya Bapak dapat mempertimbangkan saya untuk diterima di perusahaan yang Bapak pimpin.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,

…………………….


8.    Contoh Surat Lamaran Kerja sebagai akunting namun belum mempunyai pengalaman kerja

Bogor, 7April 2018
Perihal : Lamaran Pekerjaan                                                                            Kepada Yth:
Bapak Pimpinan
PT. Jaya Makmur
Jl. Mangkubumi  No. 11 A
Surabaya
Dengan hormat,
Menurut iklan lowongan pekerjaan dari PT. Jaya Makmur yang terdapat di koran harian KITA pada tanggal  5 April 2018. Saya bermaksud untuk menempati posisi tersebut yaitu sebagai akunting di PT. Jaya Makmur
Berikut adalah Data singkat, saya :
Nama                                     : Hadisaputro
Tempat, tgl. lahir                 : Surabaya, 21 Maret 1991
Pendidikan Akhir                                 : S 1  Jurusan Akutansi
Alamat                                   : Jl. Bukit harapan No.21,  Surabaya
Telepon (HP)                       : 0851100032000
e-mail                                     :  ……………@gmail.com
Saya sekarang dalam kondisi sehat dan jasmani dan rohani, dapat berbahasa Inggris dengan baik lisan maupun  tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat cukup dan mempunyai kemampuan dalam bidang manajemen dan akuntasi .saya dapat mengoperasikan komputer. Khususnya menjalankan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Power Point, Word, Acces, Out Look, dan juga internet, memiliki motivasi yang tinggi, jujur, ulet dalam bekerja.
Untuk bahan pertimbangan bagi Bapak bersama ini  saya lampirkan :
1.       Daftar Riwayat Hidup
2.       Foto copy Ijazah terakhir
3.       Foto copy sertifikat kursus
4.       Pas foto 3 x 4 terbaru.
Semoga Bapak berkenan memberikan kesempatan kepada saya untuk wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih lengkap mengenai potensi diri saya.
Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.
Hormat saya,
                                                                                                                              
                                                                                                         ………………….


Demikian ada beberapa contoh surat lamaran kerja yang menarik yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam membuat surat lamaran kerja. Sebagai inti dari cara membuat lamaran kerja adalah dengan bahasa yang sopan dan kalimat yang sederhana dan padat. Promosikan kemampuan dirimu jika memang kamu mempunyai keahlian dalam bidang yang dituju. Dan jika kamu belum mempunyai pengalaman kerja atau tidak memiliki keahlian sama sekali cantumkan dalam surat lamaranmu bahwa kamu punya semangat yang tinggi dengan tanggungjawab kemauan yang keras bahwa kamu memang layak menempati posisi tersebut. Semoga kamu berhasil dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik pimpinan perusahaan.



NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner