-->

Desa Kita

Desa Kita
.

Sabtu, September 14, 2019

Berkunjung Ke Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur



Komodo identik dengan binatang eksotisnya yang tidak lain adalah komodo,

MdsL - Sesuai namanya pulau Komodo identik dengan binatang eksotisnya yang tidak lain adalah komodo, binatang komodo, sejenis kadal raksasa pemakan daging. Pulau Komodo ini secara administratif berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, dan berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat secara langsung. Pulau ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo bersama pulau-pulau lain yang berada di Kepulauan Nusa Tenggara, seperti pulau Rinca, pulau Padar, pulau Motang dan pulau kecil lainnya.

Pulau yang berada di Kepulauan Nusa Tenggara ini memang menjadi habitat aslinya komodo. Di pulau ini ada lebih dari 2 ribu ekor komodo yang berada dan hidup di alam bebas. Selama Anda berkeliling di pulau Komodo ini, sangat penting didampingi pemandu untuk alasan keselamatan. Anda bisa melihat komodo yang sedang beristirahat atau mengincar mangsanya di banyak lokasi dalam kawasan pulau ini.

Pulau Komodo dan pulau-pulau lain di kawasan Taman Nasional Komodo dijadikan sebagai sebuah situs warisan dunia yang dilakukan oleh UNESCO di tahun 1986 , karena memang keberadaan komodo hanya bisa ditemukan di kawasan ini. Habitat dari binatang yang terancam punah ini adalah alam terbuka dengan padang rumput, pantai berpasir putih, dan termasuk juga hutan hujan tropis.
Pulau Komodo sungguh membanggakan karena telah berhasil meraih penghargaan New Seven Wonders of Nature. Penghargaan ini adalah merupakan penghargaan untuk tujuh tempat wisata alam terbaik di dunia. Penentuan pemenang ini diperoleh berdasarkan hasil voting dan penelitian para ahli. Pulau Komodo berhasil meraih voting tertinggi bersama enam tempat wisata lainnya, yaitu Air Terjun Iguazu, Hutan Amazon, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, Teluk Halong, Table Mountain dan Pulau Jeju.

Komodo adalah  merupakan jenis  binatang reptil sejenis kadal raksasa pemakan daging ayau carnivora. Panjangnya bisa mencapai 2 - 3 meter dan beratnya berkisar antara 100 - 165 kg. Nama ilmiah binatang eksotis ini adalah Varanus Komodoensis, sementara warga setempat menyebutnya dengan nama 'Ora'. Jika dilihat, komodo memang binatang yang menyeramkan karena berbada besar, kukunya tajam, kulitnya bersisik dan memiliki lidah bercabang dua yang sering dijulurkan. Mangsa utama binatang eksotis ini, yaitu babi, kuda, rusa, musang, beruk dan juga kerbau.
Mengenal sekilas sejarah Pulau Komodo

Di tahun 1910, Letnan Steyn Van Hens Broek mendapatkan laporan dari pasukannya bahwa ada binatang semacam naga di pulau Komodo, sehingga memutuskan datang ke pulau ini bersama pasukan terlatihnya untuk memburu binatang tersebut. Akhirnya, berhasil membunuh satu komodo yang kemudian di ambil fotonya dan dikirim ke Botanical Garden di Bogor.

Apa yang bisa dilakukan di Pulau Komodo?

Selain melihat kehidupan komodo di habitat aslinya, Anda bisa melakukan banyak hal lain yang menarik di pulau Komodo, diantaranya yaitu :

1. Trekking

Di pulai Komodo ini, Anda bisa menjumpai binatang lain seperti kuda, rusa, berbagai spesies burung, ular, biawak, dan masih banyak lagi yang lainnya. Salah satu caranya dengan melakukan trekking di pulau Komodo.

Ketika trekking, Anda akan diajak mendaki gunung Ara yang ketinggiannya sekitar 538 meter di atas permukaan laut. Selama perjalanan, Anda akan melewati Water Hole, yaitu sebuah tempat yang menjadi tempat untuk minum dan juga beristirahat bagi komodo. Di tempat ini, Anda bisa melihat komodo-komodo yang sedang minum atau berteduh di bawah pohon yang ada di sekitarnya.
Pilihan jalur trekking ada empat, yaitu short, medium, long, dan adventure. Panjangnya jalur trekking tergantung dari jenis yang dipilih dalam kisaran 1-8 km. Jika jalur long dan adventure yang dipilih, maka Anda akan diajak melewati hutan, sungai, dan perbukitan yang indah. Sementara untuk jalur short, perjalanan akan berakhir di atas perbukitan dengan suguhan pemandangan teluk yang mengagumkan. Anda tidak perlu bingung memilih jalur yang mana karena keempat jalur trekking akan melewati Water Hole.

Selama trekking, Anda dan rombongan akan didampingi seorang ranger atau pemandu yang sekaligus pawang komodo. Ranger akan memberikan tongkat yang ujungnya bercabang dua dan dibuat dari satu jenis pohon. Tongkat ini bisa menjadi senjata untuk melemahkan komodo. Apabila komodo menyerang atau mengejar tiba-tiba, maka ujung tongkat yang bercabang digunakan untuk menekan lehernya. Kemudian dalam waktu singkat komodo akan melemah dan berhenti menyerang.

2. Menyelam dan Snorkeling

Selain keindahan alam daratan, pulau Komodo juga menawarkan alam bawah laut yang tidak kalah indah. Di tempat ini, bisa ditemukan terumbu karang sekitar 386 jenis, bunga karang sekitar 70 jenis, dan rumput laut sebagai rumah bagi ribuan jenis ikan, penyu hijau, paus, hiu, lumba-lumba, dan yang lainnya.

Alam bawah laut pulau Komodo adalah sebagai salah satu lokasi menyelam terbaik di dunia. Anda yang menyelam atau snorkeling di tempat ini, akan mendapati keindahan dan keanekaragaman biota laut. Dari sekian banyak titik penyelaman yang ada di Pulau Komodo, menurut banyak penyelam berikut ini tiga titik menyelam terbaiknya, yaitu :

1. Toko Toko

Toko Toko disebut sebagai istana batu yang berada dalam air. Setelah mencapai kedalaman 7 meter di bawah permukaan laut, Anda akan mendapati suguhan terumbu karang yang sangat indah dan berwarna-warni dan juga ikan-ikan yang  sedang berenang di lekukan    karang.

2. Crystal Rock

Crystal Rock termasuk juga titik yang menjadi favorit para penyelam. Setelah berada di kedalaman 5 meter, Anda bisa menjumpai katak ikan, Barramundi Cod, Parrotfish, dan beberapa jenis ikan lainnya.

3. Batu Samsia

Batu Samsia merupakan salah satu titik menyelam yang menjadi favorit para penyelam. Serangkaian saluran air bisa ditelusuri dan termasuk juga berinteraksi langsung dengan kura-kura, hiu, serta beraneka jenis ikan kecil lainnya.

Bulan Maret hingga Desember menjadi waktu terbaik untuk menyelam di perairan ini. Hal ini dikarenakan pada waktu tersebut kondisi arah angin, suhu air, kuat arus, dan termasuk juga musim mendukung jarak pandang ketika menyelam.

Apa lagi yang menarik di Pulau Komodo?

Pulau Komodo memiliki keindahan pantai yang sangat unik yaitu Pink Beach. Pantai ini dikenal juga dengan nama pantai Merah Muda, namun warga sekitar lebih suka menyebutnya sebagai pantai Merah. Pantai yang berada di pulau Komodo ini memiliki pasir pantai yang warnanya merah muda. Nah, warna ini akan semakin tampak jelas ketika pasir basah karena terkena oleh ombak.

Menurut penelitian, warna merah muda dihasilkan dari serpihan koral yang hancur kemudian bercampur dengan pasir pantai. Tercatat ada tujuh pantai dengan pasir berwarna merah muda dan salah satunya yang berada di pulau Komodo ini.Selain keunikan warna pasirnya, alam bawah laut di tempat ini juga terkenal indah. Tidak heran pantai ini sering dijadikan sebagai lokasi menyelam dan snorkeling.

Transportasi

Pulau Komodo dapat diakses melalui jalur darat, udara, dan laut atau bisa juga gabungan dari ketiganya.

1. Jalur Darat

Anda yang memilih jalur darat bisa menggunakan bus dari Denpasar menuju Labuan Bajo. Bus ini akan menyeberang menggunakan kapal ferry. Setelah sampai di Labuan Bajo, perjalanan dilanjutkan menggunakan kapal ferry lagi menuju pulau Komodo.

2. Jalur udara

Anda yang memilih menggunakan pesawat akan terbang dari Denpasar menuju Labuan Bajo. Setelah itu, perjalanan menuju pulau Komodo bisa dilanjutkan menggunakan kapal ferry.

3. Jalur laut

Anda yang memilih jalur laut bisa berangkat dari Tanjung Benoa, Bali untuk menuju ke Labuan Bajo. Perjalanan selanjutnya menggunakan kapal ferry untuk menuju ke pulau Komodo.

Selain tiga pilihan jalur tersebut, Anda bisa juga memilih Live on Board. Anda bisa menginap di atas kapal tersebut selama beberapa hari untuk dapat sampai kawasan Taman Nasional Komodo. Fasilitas yang diberikan terbilang lengkap, mulai dari kamar tidur, makan, dan termasuk juga toilet. Harga yang dikenakan berkisar antara 175 - 10.000 USD per malamnya tergantung berapa hari paket yang dipilih juga fasilitas yang ada. Kapal ini berangkat dari Bima, Bali, Lombok dan Labuan Bajo. 

Selama perjalanan, Anda bisa juga menyelam bersama rombongan dan pemandu
Akomodasi

Kebayakan wisatawan yang mengunjungi pulau Komodo lebih memilih untuk menginap di hotel yang berada di Labuan Bajo. Selain hotel ini, sebenarnya ada alternatif penginapan lain, yaitu :

1. Kapal sewaan

Anda bisa menggunakan kapal sewaan untuk berkeliling di pulau Komodo sekaligus sebagai tempat menginap. Umumnya sebagian kapal yang disewakan telah dilengkapi fasilitas seperti tempat tidur, toilet, dan paket makan. Biaya sewa dan fasilitas tergantung pada besarnya kapal yang dipilih untuk disewa.

2. Rumah penjaga Pulau Komodo

Anda bisa memilih homestay di rumah ranger atau penjaga pulau Komodo. Rumah ini merupakan rumah panggung dengan persediaan listrik terbatas. Umumnya listrik akan dipadamkan pada pukul 22.00 malam.

Tips wisata ke Pulau Komodo

1. Komodo sangat peka terhadap gerakan dan suara. Oleh karenanya jangan membuat gerakan tiba-tiba atau suara gaduh, terutama ketika melakukan trekking.

2. Komodo bisa mencium bau darah dari radius ratusan meter. Oleh karenanya bagi wanita yang kebetulan sedang menstruasi diwajibkan melapor sehingga ranger bisa memberi perhatian lebih.



NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner