-->

Desa Kita

Desa Kita
.

Sabtu, Agustus 31, 2019

BIOGRAFI SINGKAT BJ. HABIBIE

Biografi BJ. Habibie

Mds.L - Inilah biografi singkat BJ. Habibie.  BJ. Habibie mempunyai nama asli Baharuddin Jusuf Habibie.  BJ. Habibi adalah Presiden Republik Indonesia (RI) yang ketiga, ia menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri dari jabatan Presiden pada tanggal 21 Mei 1998, dengan menjabat selama 2 bulan dan 7 hari sebagai Wakil Presiden dan 1 tahun 5 bulan sebagai Presiden. BJ. Habibie adalah merupakan Wakil Presiden dan Presiden Indonesia dengan masa jabatan yang paling pendek.
  
BJ. Habibie lahir pada 25 Juni 1936 di Pare-pare, Sulawesi Selatan,dan merupakan anak ke empat dari delapan bersaudara. OrangtuBJ. Habibie bernama Alwi Abdul Jalil Habibie (Ayah) dan Raden Ajeng Tuti Marini Puspowordjojo (Ibu).

Setelah lulus dari SMA tahun 1954, BJ Habibie melanjutkan pendidikan di ITB (Institute Teknologi Bandung). Pada tahun 1955-1965 BJ. Habibie melanjutkan pendidikan di Jerman drngan beasiswa dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada saat itu, dengan mengambil spesialisasi konstruksi pesawat terbang (Teknik Penerbangan) di Rhein Westfalen Aachen Technisce Hochschule (RWTH) Aachen, Jerman Barat dan  menerima gelar ingineur pada tahun 1960 dan gelar doktor ingineur pada tahun 1965 dengan predikat : summa cumlaude.bidang teknologi.

Baca juga : Tumbuhan Pemakan Serangga dan Tikus
.
Setelah  10 tahun menempuh pendidikan di Jerman, BJ.Habibie pulang ke Indonesia karena panggilan Presiden Suharto Indonesia,  Di Indonesia, Habibie ditunjuk sebagai Menteri Negara Ristek/ Kepala BPPT selama 20 tahun. Tak hanya itu, beliau juga memimpin perusahaan BUMN Industri Strategis selama 10 tahun, hingga mencapai puncak karir sebagai wakil presiden

Pada tahun 1995 BJ. Habibie berhasil memimpin proyek pembuatan pesawat yang diberi nama N250 Gatot Kaca. Pesawat tersebut ialah peswat pertama buatan Indonesia.

Setelah menjabat sebagai wakil presiden mendampingi Presiden Suharto, terjadi gejolak politik di Indonesia. Demonstrasi massa besar-besaran terjadi di Jakarta dan beberapa provinsi yang lain dengan tujuan untuk melengserkan Presiden Suharto, dan mencapai puncaknya pada tanggal 21 Mei 1998, Presiden Soeharto mengundurkan diri .

Mundurnya Soeharto dari jabatannya sebagai Presiden maka secara otomatis wakil Presiden BJ Habibie diangkat menjadi Presiden yang baru.

Presiden RI ke 3 di bawa pasukan Papampres
BJ Habibie meninggal Dunia pada hari Rabu, 11 September 2019 pada pukul 18.05 WIB di RSPAD di Jl. Gatot Soebroto, Jakarta, dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada hari Kamis 12 September 2019. BJ Habibie wafat pada umur 83 Tahun
Itulah secara singkat biografi BJ. Habibie
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner